Always run back to the future …..

DBD Ooopps: Mangsa2 Terpilih ……


Hari ini adalah hari pertama saya buka notebook setelah vakum sekian lama (lebay😀 ), soalnya baru-baru ini saya terkena demam berdarah. Ternyata menderita sekali terkena penyakit tersebut. Apalagi ketika trombosit turun terus menerus, yang ada didalam pikiran cuma negative thinking saja. Tapi syukur Alhamdulillah ternyata Allah SWT masih sayang sama saya. Saya masih diberikan kesempatan untuk sembuh.

Pengalaman saya, beberapa hari dirumah sakit sangat membosankan. Mau tidur susah, mau makan susah, mau kekamar mandi juga susah. Nggak lagi-lagi deh, apalagi kalau sudah diserang rasa bosan. Aduh ampun….karena saya ngerasa bosan terus akhirnya yang cuma bisa saya lakukan cuma browsing-browsing pake HP (untung ada HP, kalau ga, bisa tambah katrok saya karena ketinggalan berita, soalnya dikamar ga ada TVnya :D). Ya melakukan rutinitas biasa, facebookan, friendsteran, ngecek email, liat berita dll. Lucunya sampai-sampai temen saya bilang “hebat euy, sakit-sakit masih juga eksis di FB”. Yah mau gimana lagi habis bosannya samapi tidak ketulungan. Nah, kebetulan banget waktu buka okezone.com ada info yang menarik tentang nyamuk yang membawa masuk penyakit DBD itu kedalam tubuh saya. Lucu dan mengejutkan mendapatkan info bahwa si Nyamuk itu ternyata pilih-pilih dalam menentukan target mangsanya (dan saya telah menjadi salah satu yang terpilih😀 ). Langsung aja deh,, ini hasil copy paste aja dari okezone.com. Selamat membaca…..🙂

———————————————————————————————————————————————————

SAAT sedang berkumpul dengan teman atau keluarga, pernahkah Anda merasa heran karena ada satu orang yang kerap menggaruk tubuhnya dengan keluhan digigit nyamuk, padahal yang lain termasuk Anda adem ayem dan tak mengeluhkan hal yang sama?Yang kerap terlontar adalah jangan-jangan karena orang itu jarang mandi! Jangan heran! Sebuah riset memang menunjukkan bahwa nyamuk memilih-milih calon korbannya. Wah, masa sih?

Ya, satu dari 10 orang sangat menarik bagi nyamuk, demikian laporan Jerry Butler, PhD, profesor dari Universitas Florida. Nyamuk yang kerap menghisap darah Anda adalah nyamuk betina, karena mereka membutuhkan darah manusia untuk perkembangan telur-telurnya. Nyamuk jantan tidak perlu menghisap darah manusia.

Para ilmuwan memahami bahwa 85 persen unsur genetik menentukan kepekaan kita terhadap gigitan nyamuk. Nyamuk juga mengenali unsur-unsur kimiawi tertentu di tubuh kita, yang apabila ditemukan secara berlebihan di permukaan kulit, nyamuk-nyamuk segera berbondong-bondong mendekatinya.

Manusia dengan jumlah konsentrasi steroid atau kolesterol yang tinggi di permukaan kulit akan menarik bagi nyamuk. Namun, bukan berarti nyamuk akan menyerbu orang dengan tingkat kolesterol dalam darah yang tinggi secara menyeluruh. Hanya proses pengolahan kolesterol di dalam tubuh yang tidak efisien akan menghasilkan sisa-sisa proses yang menumpuk di permukaan kulit dalam jumlah yang banyak.

Nyamuk juga menyerang manusia yang tubuhnya menghasilkan kelebihan asam-asam tertentu, seperti asam urat. Unsur ini dapat merangsang sensor pembau pada nyamuk, menggerakkan mereka untuk mendarat dan mencurigai calon korban-korbannya.

Nyamuk dapat “mencium” bau makan malamnya dari jarak yang luar biasa, yakni 50 meter. Selain itu gas karbondioksida juga menarik bagi nyamuk, bahkan dari jarak yang jauh.

Nyamuk lebih menyukai orang dewasa dibanding anak-anak karena kecenderungan gas karbondioksida yang dihasilkan lebih banyak. Wanita-wanita hamil juga berisiko lebih tinggi, karena sebab yang sama. Gerakan dan suhu panas tubuh juga menarik bagi nyamuk.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin menghindari serangan gencar nyamuk pada malam hari, hindari kegiatan yang menimbulkan banyak gerakan, napas terengah-engah sehingga menghembuskan banyak gas karbondioksida serta jangan sampai Anda berkeringat secara berlebihan, karena asam laktat dalam keringat merupakan daya tarik kuat bagi nyamuk untuk menggigit Anda.

sumber : http://www.okezone.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s