Always run back to the future …..

Setting IMAP pada HandPhone Samsung SGH-J200


Berbicara mengenai handphone, saya sih tidak suka ganti-ganti handphone. Seumur hidup saya, saya baru ganti handphone dua kali (katrok sekali ya?). HP pertama saya tipe T230 dari Sony Ericsson. Sudah sekarat tuh HP waktu ambil TA dulu. Lah wong rumah kebanjiran terus kecemplung. Terus saya beli lagi di Tahun 2008 Samsung SGH-J200. Dulu waktu beli harganya masih 1,3 juta. Tapi sekarang mungkin sudah tidak dijual lagi yang dari pabrik. Kalau second mungkin berkisar 700 rb barangkali. Tapi saya bangga banget sama ini HP. Menurut saya, dengan modal segitu, HP ini kalau dimanfaatin bisa powerful banget deh (dari kacamata saya loh….🙂 ).

Akhir-akhir ini saya jadi sering coba kutak-kutik ini HP. Ingin tahu lebih jauh lagi apa kelebihannya. Yang sudah pernah berhasil ya, untuk download game, aplikasi dan lain-lain gak masalah. Terus buat dijadiin modem juga ga masalah. Bahkan menurut saya lumayan cepet ni HP. Oh ya, beberapa hari lalu saya juga berhasil mengkatifkan email client dari HP saya ini. Motivasinya berawal karena temen-temen saya kecanduan internet gara-gara tarif GPRS sekarang lagi marak banting harga sampai-sampai persaingannya seperti Red Ocean (Berdarah-darah). Nah, akhirnya pada berfikir murahan kalo kita kirim pesan lewat facebook, twitter dan email. Email disini selain karakternya lebih banyak dibanding SMS bisa juga kirim gambar layaknya MMS. Di jepang sendiri, saya pernah baca disuatu blog, memang sudah tidak jaman lagi namanya pake SMS, HP mereka orang-orang sana sudah dilengkapi teknologi email seperti yang kita lihat kalau di dorama-dorama jepang. Tapi saya juga kurang tahu apakah HP yang beredar di Indonesia ini sebenernya sudah dilengkapi teknologi yang sama atau belum. Atau mungkin sudah dilengkapi dengan teknologi yang sama namun memang belum begitu banyak dimanfaatkan atau menjadi populer lantaran masih ada beberapa jenjang konsumen dari provider merasa tarif GPRS dan 3G sangat mencekik leher mereka sehingga mereka enggan untuk menggunakannya.

Nah, dipostingan kali ini saya mau bagi-bagi caranya mengaktifkan email client dari Samsung tipe SGH-J200. Jadi nanti, email-email yang ada di email server (mis. Gmail) akan masuk dalam inbox email di HP. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Aktifkan fungsi POP3 atau IMAP dari email kita. Kalau saya coba pakai email Gmail. Kebetulan untuk fasilitas ini Gmail memberikan gratis. Tidak seperti yahoo.com, kita diharuskan membayar beberapa dollar untuk mengaktifkanfungsi tersebut. Tapi kalau pakai yahoo indonesia yaitu yahoo.co.id juga bisa kok. Caranya di Gmail, masuk “pengaturan” kemudian pilih tab ” Meneruskan dan POP/IMAP “

2. Dari halaman tersebut aktifkan Akses IMAP (disini yang baru saya coba settingan IMAP)

3. Klik link pelajari selengkapnya (disini terdapat settingan yang nanti akan kita setting di HP kita). Atau settingannya bisa dilihat digambar dibawah ini :

4. Kemudian buka HP kita, masuk ke menu message kemudian pilih messages setting, pilih email

5. Di bagian Email Account, buat account baru. Pilih Option kemudian Edit . Masukkan settingan dilangkah 3 seperti berikut :

6. Kemudian settingan di atas di Save

7. Selanjutnya masuk atur sending option dan receiving option. Dalam receiving option kita bisa mengatur jangka waktu HP untuk mendowload email secara otomatis dari server Gmail. Misal 30 menit sekali, dalam jangka waktu 30 menit HP akan secara otomatis mendownload email baru (jika settingan download baru bukan semua).

8. Setelah semua tersetting kemudian selanjutnya tinggal mencoba mengirim dan mendownload email baru

Ya demikian bagi-bagi pengalamannya. Semoga hal ini bisa bermanfaat……Selamat mencoba…🙂

END

Leave a Reply

