Always run back to the future …..

Review : Software Lingo Untuk Masalah Optimasi


Kali ini saya mau bahas soal LINGO. Maklum sudah berapa bulan saya bergelut sama yang namanya software ini. Jujur inipun karena terpaksa😀. Awalnya saya gak bisa banget yang namanya pake LINGO. Tapi apa boleh buat, karena saya nggak mungkin belajar pemrograman untuk membuat algoritma heuristik dalam waktu singkat untuk menyelesaikan Damn T saya, maka software inilah satu-satunya yang paling gampang untuk di pelajari. Yah jadi sekarang saya sedikit paham sama yang namanya LINGO. Padahal dulu waktu semester awal kuliah S1 diajarin loh di mata kuliah operation research. Tapi tetep aja karena motivasi tidak sebesar seperti untuk mengerjakan damn T, maka learning progress-nya jadi hidup segan mati tak mau.

Disini saya akan berbagi opini yang saya dapatkan ketika menggunakan LINGO. Tentu saja ini menurut pandangan saya, mungkin jika pengguna lain akan merasakan hal yang berbeda atau menemukan hal yang berbeda. Tentu saja ini dikarenakan saya juga newbie dalam hal ini maka pengetahuan saya juga terbatas. Dan opini-opini saya itu adalah:

  1. Lingo itu mudah di pelajari. Bener deh, asal tahu model matematis, maka tinggal di translate aja bahasa matematis itu ke dalam Lingo Code. Contohnya perulangan @For, artinya konstrain diulang sebanyak yang dimau atau @sum artinya variable atau parameter akan dijumlahkan berdasarkan indeksnya. Yang jelas kalau orang jawa bilang, peng-codingananya sangat amat plek sama model matematis yang akan di selesaikan.
  2. Lingo itu powerful banget buat menyelesaikan berbagai variasi masalah. Lihat saja pada contoh masalah yang ada pada guidelinenya, banyak sekali jenis masalah yang dapat diselesaikan Lingo. Tapi tentu saja balik lagi pada teknik solusi yang digunakan pada LINGO adalah metode eksak (Sama aja sih sebenernya dengan optimization software lainnya), maka untuk masalah yang skalanya besar apalagi combinatorial NP-Hard (opo maneh iki???) waktu running akan lama,,, yang ini sudah pasti jelas lah..😀

Berkaitan dengan fitur, fitur dalam Lingo ini cukup lengkap. Yang saya tahu selama pengggunaan LINGO, beberapa fitur hebat dari LINGO adalah :

  1. Yang pertama fitur untuk Model Non-linear. Model yang mengandung persamaan non linear ini dipandang susah untuk di selesaikan karena bisa jadi solusi terjebak pada local optimum, padahal masih ada nilai yang lebih baik dari nilai tersebut. Di LINGO ada beberapa fasilitas untuk menyelesaikan model non-linear yakni global solver dan linearization. Untuk global solver settinganya sangat gampang. Tinggal ke option-pilih tab global solver- terus diklik “use global solver” dan dengan mudahnya anda akan mendapatkan nilai optimal. Tapi sayangnya saya belum paham benar konsep global solver ini. Yang kedua adalah melinearkan permasalahan yang non-linear. Tentu saja ini adalah kabar gembira bagi yang memiliki model-model non linear karena tidak perlu repot-repot untuk melinearkan persamaannya. Tapi balik lagi waktu saya coba ini jumlah constraints jadi super membludak. Apalagi waktu saya lihat di general modelnya (Ctrl+G) sampai pusing lihat variable dan constraint tambahannya saking banyaknya. Padahal waktu saya coba melinearkan persamaan saya dengan manual nggak butuh variable dan constraint tambahan sebanyak itu.
  2. Yang kedua, untuk problem yang skalanya besar, LINGO punya matriks dekomposisi untuk medekomposisikan model kedalam blok struktur. Artinya seperti teknik dekomposisi problem dipecah-pecah berdasarkan strukturnya lalu kemudian   dikerjakan secara sekuensial . Tentu saja ini menjadi kabar gembira lagi bagi yang memiliki problem besar karena tidak perlu belajar susah-susah mengenai teknik dekomposisi. Tapi entah kenapa, waktu saya coba fasilitas ini saya tidak merasakan perbedaan speed yang drastis dalam mengerjakan model saya. Atau mungkin masalahnya ada di model saya, atau mungkin karena versi yang saya pakai versi tahun terbelakang… who knows? entahlah
  3. Yang ke tiga. Lingo bisa di integrasikan dengan Ms. Excel. Tentu saja ini jadi makin memudahkan kita menganalisa hasil ouput tanpa mengcopas satu persatu output. Apalagi jika di kombinasikan dengan VBA Excel, Lingo bisa langsung di panggil melalui excel yang sebelumnya sudah berisi data inputan. Setelah itu tinggal pinter-pinternya kita buat report secara otomatis dengan memanfaatkan fasilitas VBA excel.

Itulah opini-opini yang saya dapat simpulkan selama saya menggunakan software ini. Bagi yang mampir disini mungkin ada yang lebih paham dan mau berbagi informasi dan pengetahuan mengenai software ini monggo di komen.🙂

Semoga review kali ini bermanfaat.

Salam, Always Run Back To The Future …..

19 responses

  1. Busettt.. Postingan jorok lainnya. :))

    July 24, 2010 at 8:06 AM

  2. dazzdays

    Ga sih mas… masih clean tuh dari yang jorok2… hehehe

    July 24, 2010 at 9:11 AM

  3. niken

    Huhuhuhu..baru bisa komen nih. Jujur, aku termasuk yang ga bisa lingo, hahaha.. Males belajarnya..😛

    September 3, 2010 at 5:26 AM

    • dazzdays

      hahaha,,, aku juga kepaksa kali mbak niken… hehehehe

      September 3, 2010 at 8:17 PM

  4. Irma

    Halo halo, salam kenal sebelumnya..🙂
    Saya mau tanya soal fitur hebat yang poin 3 di atas dong..
    soal “Lingo bisa di integrasikan dengan Ms. Excel”

    apakah ada link bagus yang menyediakan referensi contoh pemakaiannya? kebetulan saat ini saya sedang ada kerjaan yang butuh nge-run LINGO dari VBA Excel.. makasih sebelumnya🙂

    September 3, 2010 at 11:51 AM

    • dazzdays

      Salam kenal juga…🙂

      Soal lingo bisa di integrasikan dengan Ms.Excel caranya bisa dilihat di HELP pada software LINGO itu sendiri.
      Saya waktu itu belajar dari situ.
      Untuk tiap jenis integrasi juga diberikan contoh yang cukup jelas kok…
      Semoga bisa membantu ya…🙂

      September 3, 2010 at 8:54 PM

  5. budi santosa

    salam kenal.
    saya coba lingo versi student tapi terbatas sekali variabel dan constrainnya. gimana cara mendapatkan softwarenya.
    bisa nggak pinjam.

    November 8, 2010 at 11:20 PM

  6. sanny

    hi.. salam kenal..
    saya sedang buat skripsi dengan menggunakan lingo dan masih blank banget…kira2 ada referensi buku buat saya yang masih awam sekali. Permasalahannya ttg sistem distribusi, sekarang ini saya sudah buat model matematisnya sih..cuman masih bingung dan ragu aja sama modelnya itu. Kemudian saya juga ingin menanyakan kalau mau instal lingo itu beli softwarenya atau…bisa download (minta linknya donk yang free download).Terima Kasih..

    December 8, 2010 at 4:32 PM

    • dazzdays

      halo Sanny, salam kenal juga,

      Saya waktu itu belajar, pakai buku2 dibawah ini :

      1. Optimization modeling in Lingo
      2. Optimization modelling, A Practical Approach

      dan tentu aja juga belajar dari manual dan helpnya Lingo.

      Kalau software, dulu saya pakai Lingo 8.0 dengan lisensi kampus, tapi sayang sekarang lisensinya juga sudah habis.

      December 14, 2010 at 12:16 PM

    • Rauf Alfan Suri

      Mas,,, ad contoh coding gk untuk maslh CVRP??? klo ad tolong kirimi ke email saya mas

      December 29, 2014 at 8:55 AM

  7. dazzdays

    Hai…salam kenal..boleh tnyak2 tntang lingo ga?…gmna crax agar variabel keputusannya bernilai 0 dan 1…..makacih….

    June 20, 2011 at 3:24 AM

  8. dwi

    Hai…salam kenal..boleh tnyak2 tntang lingo ga?…gmna crax agar variabel keputusannya bernilai 0 dan 1…..makacih….

    June 20, 2011 at 3:25 AM

  9. dazzdays

    Hai dwi, salam kenal juga…
    Agar variabel keputusan bisa menjadi bernilai 1 atau O (binary) dalam coding nya menggunakan @BIN. Semoga membantu ya…🙂

    July 16, 2011 at 3:01 AM

  10. geby

    Hai salam kenal. Saya sedang mengerjakan TA. Mau nanya apakah ada rekomendasi referensi yang jelas mengenai penggunaan VBA (termasuk codingannya) dalam pengerjaan LINGO yang terhubung ke excel? Untuk LINGO ke excel saya hanya mengerti sebatas penggunaan @OLE itu. Namun saya belum paham agar LINGO dipanggil secara otomatis setelah data dalam excel diinput melalui VBA. Saya juga masih belum paham cara agar hasil dari LINGO dapat dihasilkan secara otomatis di excel dengan bentuk tabel atau chart. Mohon bantuannya. Terima kasih banyak sebelumnya.

    July 18, 2013 at 4:41 PM

  11. kukuh

    haii…
    mau tanya soal lingo tentang penggunaan @for kok saya selalu ada masalah di eror code 50 yaa???
    mohon solusinya gimana??
    soalnya lg TA nehh..
    trimakasih..🙂

    February 16, 2014 at 4:21 PM

  12. wempy

    maaf saya mau tanya,penggunaan lingo saat penjadwalan mesin bagaimana ya?kira2 apa ada refrensi untuk sistem jobshop.thanks

    December 30, 2014 at 4:39 PM

  13. A. Tasnim

    salam kenal,
    saya mau coba Lingo karena TA saya, bagaimana ya mau nanya langsung saat saya menggunakan Lingo. trimakasih atas jawabanya jika anda bersedia.

    June 19, 2015 at 3:35 PM

    • dazzdays

      Hai, mas Tasnim salam kenal. Sejujurnya saya sudah lama banget nggak pegang Lingo nih. Hehehe. Kalau mau diskusi boleh lewat email. Kalau saya nggak bisa jawab,nanti sy oper ke teman saya nggak papa ya? Kalau mau email ke fitri.k.r@gmail.com

      July 12, 2015 at 4:18 AM

  14. ayunda annisa

    Selamat siang mas Tasnim,
    Perkenalkan saya ayunda. Saat ini saya sedang mengerjakan TA dengan menggunakan lingo. Tapi saya bingung soalnya terjadi error 63 ketika running program lingo. saya sudah mencoba mencari solusinya namun diminta untuk mendownload software lain. sampai sekarang saya masih merasa bingung.

    Terima kasih sebelumnya,
    mohon bantuannya mas.

    September 1, 2015 at 4:21 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s