Always run back to the future …..

Mengenal Lebih Dekat Calon Qurban


Gara-gara dari kemarin posting kambing atau sapi terus di Instagram, sekarang jadi mau ngulas dikit tentang liburan saya minggu lalu.

image

Brosur Tamasya Qurban dari Daarul Quran

Selama dua hari dari sabtu sampai minggu kemarin saya ikut program Tamasya Qurban dari Daqu  (Daarul Qur’an) milik Ust Yusuf Mansur. Kalau saya gambarkan Tamasya qurban merupakan program pengenalan hewan qurban  juga berikut penjelasan rantai proses penyediaan hewan qurban sampai proses distribusinya.

Menariknya kita diajak langsung melihat hewan qurban di peternakan yang dikelola salah satu mitra binaan Daqu yakni Mahir Farm. Lokasinya di Cijeruk, Bogor.  Disana peserta dijelaskan mengenai program Qurban Istimewa (Quis) dari Daqu. Program quis menawarkan kepada calon pequrban hewan qurban dengan kualitas yang baik namun dengan harga terjangkau sehingga dapat memperbesar kesempatan para calon pequrban dengan tabungan yang pas-pasan😀 kayak saya ini hahaha.

image

Elus-elus kepala sapi😀

image

Sapi-sapi ternak di Mahir Farm

image

Salah satu kambing yang super gede

image

Kumpulan kambing yang anteng di kandangnya

Kenapa bisa terjangkau? Program ini mengedepankan efisiensi dengan memangkas rantai pasok langsung dari peternak, ditambah pula dengan program 100 harinya, cost bisa ditekan sampai dibawah harga pasar. Sehingga Program Quis mampu menawarkan kambing siap qurban dengan harga 1,8 jt dan utk sapi 2 jt sudah termasuk ongkos potong, marketing, distribusi dan administrasi untuk pelaporan kepada pequrban. Gimana, keren kan?

image

Foto Rame Rame di Depan Kandang Kambing😀

Selain memberikan penawaran harga terjangkau, program Quis juga mempunyai misi untuk mendistribusikan hasil qurban hingga ke tempat terpencil. Hal ini dilatarbelakangi oleh karena selama ini distribusi qurban terpusat hanya di kota-kota besar. Dan pas hari H justru banyak hasil qurban yang lebar, mubazir dan ada juga banyak kasus dimana ditemui baik perorangan maupun oknum yang memanfaatkan hasil qurban ini untuk dijual lagi. Artinya di lapangan banyak kasus dimana distribusi menjadi tidak tepat pada sasaran. Menyedihkan bukan? yang pengennya dapet keberkahan bisa-bisa malah jadi bumerang ketidakberkahan? T.T

image

Hewan Qurban yang akan dilelang sewaktu ditimbang

Bagi saya pengetahuan seperti ini penting. Kenapa? Karena pengetahuan seperti ini mengajak calon pequrban untuk berpikir one step ahead. Tidak hanya berhenti pada “gw mau qurban” dan setelah dilakukan pembayaran selesai. Tapi alangkah bijaknya kalau kita sebagai pequrban juga ikut mikir  dan peduli dengan rantai proses selanjutnya semisal “ini qurban gw mubazir nggak kalau gw qurban disini?” Padahal sudah tahu juga disitu tiap tahunnya banyak yang sisa. Ini hanya sebuah pemikiran kecil, tapi menurut saya jatuhnya pilihan kita kepada siapa akan kita serahkan qurban kita akan memiliki dampak yang luar biasa kedepannya agar distribusi qurban ini menjadi lebih tepat sasaran.

Tetiba saya bermimpi, andai setiap penyalur qurban baik itu lembaga atau masjid di seluruh Indonesia saling bekerjasama dalam suatu sistem yang terintegrasi, baik dimulai dari pendataan para pequrban & penerima qurban hingga distribusinya, ditambah sokongan dari pequrban yang teredukasi dengan permasalahan lapangan seputar qurban, saya percaya berkah dan nikmat dari saling berbagi melalui qurban akan lebih terasa.

image

Petunjuk Memasuki Area Pertanian Organik Binaan Daqu di Kadudampit Sukabumi

Oh ya, ada kegiatan yang menarik lagi dari pelaksanaan tamasya qurban ini yakni peserta diajak untuk lelang qurban dan jalan-jalan di Kawasan Pertanian Organik Daqu di Kadudampit Sukabumi sembari belajar cara menanam padi. Masyaa Allah, sepanjang jalan bertemu permadani hijau. Menyejukan sekali rasanya. Selama berada di pertanian tersebut, peserta diberikan pemahaman bahwa tanah dan tumbuhan diatasnya merupakan makhluk ciptaan Allah. Sama halnya dengan manusia, mereka hidup dan berdzikir. Eh kita juga diajak nanam padi loh. Ternyata susah juga. Tapi lebih dari itu, pengalaman tamasya qurban luar biasa sekali. Karena peserta bisa belajar sekaligus bermain.

image

Sedang dijelaskan bawa tanaman dan tanahpun ikut berdzikir

image

ladang caisim yang menghijau

image

Hotel Ternak?😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s